FAQ: Mengapa Air Tidak Membasahi Daun Talas Jelaskan?

Mengapa air di daun talas berbentuk bulat?

Jawaban: Gaya tarik-menarik antara partikel zat yang tidak sejenis disebut gaya adhesi. Namun air tidak membasahi daun talas dan tetes air berbentuk bulat – bulat menggelinding di permukaan karena gaya kohesi antarmolekul air lebih besar daripada gaya adhesi antara molekul air dan molekul daun talas.

Apa yang menyebabkan tanaman talas atau daun teratai terlihat bersih dan tahan air jelaskan *?

Itu karena daun teratai memiliki kemampuan untuk membersihkan diri dari air dan kotoran yang menempel. Daun teratai tidak pernah basah karena air langsung jatuh kembali. Hal itu terjadi karena daun teratai memiliki lapisan lilin di permukaannya. Lapisan tersebut membuat daun tetap kering dan mencegah daun terendam air.

Mengapa tetesan air hujan yang berada di atas daun talas cenderung tidak menempel tidak membasahi permukaan daun jelaskan?

Alasan tetesan air hujan yang berada di atas daun talas cenderung tidak menempel pada permukaan daun adalah kohesi air dan kohesi daun talas, lebih besar dari adhesi antara air dengan daun talas.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Mengapa Terjadi Reformasi Di Indonesia?

Mengapa air dapat membasahi permukaan kaca?

Jawaban. Antara molekul-molekul air terjadi gaya tarik-menarik yang disebut dengan gaya kohesi molekul air. Demikian pula gaya kohesi antarmolekul air lebih kecildaripada gaya adhesi antara molekul air dengan molekul kaca. Itulah sebabnya air membasahi kaca dan berbentuk melebar.

Mengapa lapisan kutikula hanya ada di permukaan atas?

Fungsi utama dari kutikula lilin daun adalah untuk mengurangi kehilangan air melalui daun, yang sangat penting dalam gurun gersang dengan sedikit curah hujan atau iklim Mediterania dengan curah hujan musiman.

Mengapa daun talas dapat dijadikan sebagai inspirasi lapisan pelindung dan pengilap?

Jawaban. karena memiliki lapisan tebal yang disebut Kutikula.kutikula ini bersifat tidak suka air,sehingga jika air mengenai lapisan ini tdk akn dapat membasahi daun.

Bagaimana air di daun talas?

Bagai air di daun talas: ketidakcocokan antara dua orang, seperti air yang ditaruh di atas daun talas akan terpisah. orang yang tidak mempunyai pendirian.

Apakah Talas Bisa Hidup di Air?

Tanaman talas memiliki batang tanpa cabang dan biasanya hidup serumpun, daunnya lebar berbentuk agak bulat, dan uniknya daun talas ini tidak bisa basah jika terkena air. Meski tergolong dalam tanaman yang mudah tumbuh, tetapi tetap saja harus ada standarisasi perawatan agar umbinya bisa dinikmati.

Apa manfaat daun teratai memiliki larutan?

Daun teratai memiliki larutan yang bermanfaat sebagai pembersih daun. Teratai memiliki batang dengan rongga di dalamnya. Rongga ini berfungsi untuk membawa oksigen ke batang dan akar.

Mengapa air dapat naik ke atas dalam pipa kapiler?

Air naik dalam pembuluh pipa kapiler dikarenakan adhesi sedangkan raksa turun dalam pembuluh pipa kapiler dikarenakan kohesi. Inilah yang terjadi pada proses pengangkutan pada tumbuhan. Pembuluh xylem yang terdapat pada batang dan akar tumbuhan dianggap sebagai pipa kapiler.

You might be interested:  FAQ: Mengapa Printer Tidak Bisa Ngeprint?

Jelaskan apa itu sudut kontak?

Sudut kontak didefinisikan sebagai sudut yang terbentuk antara permukaan cairan dan partikel padat dan permukaan cairan dengan gas dalam pembentukan droplet). Secara teoritis, sudut kontak dipengaruhi oleh tegangan permukaan cairan.

Jelaskan apa yang menyebabkan terjadinya meniskus cekung pada pipa kapiler?

Meniskus cekung terjadi karena gaya tarikmenarik antarpartikel air dan kaca (adhesi) lebih besar daripada gaya tarik-menarik antarpartikel air (kohesi). Hal ini menyebabkan air membasahi dinding kaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *