FAQ: Mengapa Bisa Terjadi Banjir?

Kapan biasanya sering terjadi banjir?

Biasanya banjir ini sering muncul ketika musim hujan datang ke Indonesia pada sekitaran bulan Oktober. Jadi, banjir adalah peristiwa meluapnya air secara berlebihan di daerah yang sebelumnya kering. Misalnya seperti di Jakarta, normalnya kering tidak digenangi air.

Apa akibatnya bila terjadi banjir?

Bencana banjir bisa menimbulkan kerusakan sarana dan prasarana, karena banjir yang menerjang bisa merusak rumah penduduk, gedung, kendaraan dan juga merusak fasilitas sosial. Banjir yang meluap hingga di jalanan dapat menimbulkan masalah, salah satunya adalah lumpuhnya jalur transportasi.

Apakah yang menyebabkan tanah longsor dapat terjadi?

Getaran. Saat gempa bumi terjadinya getaran pada tanah, dan dapat jadi penyebab tanah longsor. Tanah yang bergetar juga dapat menyebabkan tanah longsor. Selain gempa bumi, getaran yang dihasilkan lalu lintas di jalan sekitar lereng juga dapat menyebabkan terjadinya tanah longsor.

Mengapa banjir sering terjadi di Indonesia brainly?

Hujan yang turun dalam waktu lama dan sering adalah faktor utama sering terjadi banjir di Jakarta. Biasanya terjadi pada puncak musim hujan di bulan Desember – Februari. Air hujan akan memenuhi sungai- sungai dan menggenangi jalanan yang pasti menyebabkan banjir jika terus terjadi tidak ada penampung atau resapan.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Indonesia Menolak Ideologi Komunisme Dan Liberalisme?

Mengapa Jakarta banjir setiap tahun kapan terjadi banjir?

Kurangnya Kawasan Resapan Air Kurangnya Ruang Tebuka Hijau atau RTH membuat kawasan resapan air berkurang sehingga menjadi penyebab banjir di Jakarta. Berdasarkan informasi yang berhasil didapatkan, Jakarta mengalami penurunan muka tanah sebanyak 5-12 cm per tahun. Kondisi ini membuat potensi banjir semakin besar.

Apa dampak banjir bagi masyarakat?

Dampak banjir terhadap lingkungan punya konsekuensi yang cukup rumit, mulai dari kesehatan, sosial ekonomi, hingga pencemaran. Salah satu dampak banjir bagi lingkungan manusia yang paling penting adalah persoalan kesehatan. Banjir memiliki risiko yang mengancam nyawa manusia, dimulai dari penyakit hingga kematian.

Apa saran supaya tidak terjadi banjir?

Yuk, ketahui cara mencegah bencana alam banjir dan tanah longsor di bawah ini!

  1. Membuang Sampah pada Tempatnya.
  2. Membuat Saluran Air dan Terowongan Air Bawah Tanah.
  3. Menanam Pohon Berbatang Besar di Sekitar Rumah.
  4. Penciptaan Green Open Space.
  5. Mendirikan Bangunan atau Konstruksi Pencegah Banjir.

Mengapa banjir sangat merugikan masyarakat?

Jawaban. Banjir merupakan bencana alam yang bisa terjadi akibat tersumbatnya selokan,hujan deras dan lainnya. Dampak dari banjir sangat merugikan manusia karena banjir membawa bibit penyakit, hilang atau rusaknya harta benda, menimbulkan korban jiwa dan lainnya.

Apa yang menyebabkan tanah longsor brainly?

Jawaban. Penyebab terjadinya tanah longsor salah satunya disebabkan oleh erosi tanah. Erosi tanah bisa disebabkan karena berbagai hal seperti aliran air yang terlalu deras, sungai- sungai maupun gelombang laut. Selanjutnya hal yang menyebabkan tanah longsor adalah gempa bumi (baca: akibat gempa bumi).

Mengapa banjir dapat menyebabkan tanah longsor brainly?

Jawaban. banjir, penyebabnya dari manusia (umumnya), sungai, dll. tanah longsor, penyebabnya dari erosi yang disebabkan oleh aliran air. banjir, dapat diatasi dengan tidak membuang sampah sembarangan, dll.

You might be interested:  FAQ: Mengapa Hp Tidak Bisa Di Cas?

Apa dampak longsor bagi lingkungan?

Tanah longsor dapat merusak lahan yang lain, seperti sawah atau lahan produktif lainnya. Hilangnya tanaman-tanaman penutup lahan. Terganggunya keseimbangan ekosistem. Lahan menjadi kritis karena hilangnya daerah penyimpanan cadangan air di dalam tanah.

Mengapa bencana banjir sering terjadi di Indonesia?

Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap terjadinya banjir di Indonesia adalah cuaca ekstrem. Cuaca ekstrem penyebab banjir yang sering terjadi di Indonesia adalah curah hujan dengan intensitas yang tinggi (umumnya melebihi 100 mm) dalam waktu yang cukup lama.

Mengapa banjir terjadi di Indonesia?

Diakibatkan hujan deras monsun, hurikan dan depresi tropis, angin luar dan hujan panas yang mempengaruhi salju. Rintangan drainase tidak terduga seperti tanah longsor, es, atau puing-puing dapat mengakibatkan banjir perlahan di sebelah hulu rintangan.

Bagaimana cara yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi bencana banjir Jelaskan pendapatmu?

A. Upaya Menanggulangi Banjir

  1. Menjaga lingukungan sekitar.
  2. Hindari membuat rumah di pinggiran sungai.
  3. Melaksanakan program tebang pilih dan reboisasi.
  4. Buanglah sampah pada tempatnya.
  5. Rajin Membersihkan Saluran Air.
  6. Membangun Pemecah Gelombang.
  7. Hutan Mangrove/Bakau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *