FAQ: Mengapa Indonesia Memilih Pemerintahan Republik?

Mengapa Indonesia menganut sistem republik?

Jawaban. Karena bentuk republik adalah yang paling ideal dalam suatu pemerintahan. Lebih demokratis. Karena seluruh rakyat mempunyai kesempatan yang sama untuk jadi pemimpin dan pemerintah.

Mengapa bangsa kita memilih bentuk negara kesatuan?

Kejadian itu seperti disepakatinya Deklarasi Djuanda. Deklarasi itu yang membuat negara kesatuan menjadi utuh sebab wilayah perairan yang berada di dalam wilayah Indonesia menjadi kedaulatan Indonesia. “Atas jasa Djuanda, laut bukan pemisah wilayah namun sebagai penghubung,” paparnya.

Mengapa negara Indonesia memilih bentuk negara kesatuan tidak memilih negara serikat?

Penjelasan: Untuk menjawab tantangan cultural diversity yang secara inheren dimiliki oleh bangsa Indonesia. Agar dapat memiliki pemerintahan yang bersifat sentralisasi, namun juga dapat mendistribusikan kekuasaannya pada setiap daerah yang ada. Menyesuaikan dengan kondisi realitas di Indonesia.

Kenapa Indonesia berbentuk republik dan apa makna Republik?

Dalam Pasal 1 ayat (1) UUD 1945 dinyatakan bahwa negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. Hal bentuk negara kesatuan ini mengandung arti, bahwa di dalam negara kesatuan tidak boleh ada bagian negara yang bersifat negara, singkatnya tidak boleh ada negara di dalam negara.

You might be interested:  Pertanyaan: Mengapa Halaman Udin Selalu Indah Dan Rapi?

Mengapa indonesia disebut menggunakan sistem pemerintahan presidensial?

Untuk disebut sebagai sistem presidensial, bentuk pemerintahan ini harus memiliki tiga unsur yaitu: Presiden yang dipilih rakyat. Presiden harus dijamin memiliki kewenangan legislatif oleh UUD atau konstitusi.

Peristiwa apa yang melatarbelakangi pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia?

Peristiwa apa yang melatar belakangi pembentukan negara kesatuan republik Indonesia dibacakannya teks proklamasi oleh Ir. Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945. Namun perjuangan itu sendiri merupakan rangkaian peristiwa esensi terjadinya proklamasi tersebut.

Apakah arti negara kesatuan berbentuk republik?

Jawaban. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan negara kesatuan berbentuk republik dengan sistem desentralisasi (pasal 18 UUD 1945), di mana pemerintah daerah menjalankan otonomi seluas-luasnya di luar bidang pemerintahan yang oleh undang-undang ditentukan sebagai urusan pemerintah pusat.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kesatuan yang berbentuk republik?

Jawaban. Karna bentuk negara indonesia adlah “Republik” selain itu ” kesatuan ” diambil dari semboyan “Bhineka Tunggal Ika” yaitu Indonesia memiliki banyak ras, suku, budaya, adat-istiadat, bahasa dan etnis tetapi Indonesia tetap bersatu.

Apakah bentuk negara Indonesia yang berbentuk negara kesatuan sudah tepat?

Merdeka.com – Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik konstitusional. Meski begitu, tetap didampingi dengan sistem pemerintahan demokrasi dan sistem presidensial. Berdasar Pasal 1 Ayat 1 UUD 1945, Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik.

Apa yang dimaksud dengan pemerintahan republik konstitusional?

Republik Konstitusional adalah bentuk pemerintahan yang dikepalai seorang presiden,dimana presiden memegang dua kekuasaan yaitu sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan dengan batasan konstitusi yang berlaku di negara tersebut dan dengan pengawasan parlemen (fungsi lembaga legislatif).

Jelaskan apa yang dimaksud sistem pemerintahan oligarki dan berikan contohnya?

Oligarki (Bahasa Yunani: Ὀλιγαρχία, Oligarkhía) adalah bentuk pemerintahan yang kekuasaan politiknya secara efektif dipegang oleh kelompok elit kecil dari masyarakat, baik dibedakan menurut kekayaan, keluarga, atau militer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *