FAQ: Mengapa Mitokondria Disebut The Power House Of Cell?

Mengapa mitokondria merupakan pusat pembangkitan tenaga?

Mitokondria merupakan salah satu organel penghasil energi. Struktur mitokondria yang menghasilkan energi terdapat pada krista dan matriksnya. Mitokondria menghasilkan ATP yang paling banyak dihasilkan pada proses transpor elektron pada krista. Untuk itulah, mitokondria disebut penghasil energi.

Apa yang dimaksud dengan the power house?

the power house merupakan sebutan dari bagian sel tepatnya dibagian organel sel yang bernama mitokondria. peran Mitokondria Ialah untuk melakukan respirasi seluler yang menghasilkan Banyak ATP (energi), Tambahan; didalam mitokondria terdapat bagian yang berlekuk-lekuk yang dinamakan Krista.

Apa yang di sebut dengan mitokondria?

Mitokondria (mitochondria) adalah ‘organ’ sangat kecil dalam sel kita. Mitokondria memakai oksigen, lemak dan gula untuk membuat adenosin trifosfat (ATF). Proses ini dikenal sebagai ‘respirasi sel’. Jika membutuhkan tenaga, sel menguraikan molekul ATF untuk melepaskan tenaga yang disimpan.

Mengapa mitokondria disebut sebagai penghasil energi?

Mitokondria menghasilkan sebagian besar suplai adenosina trifosfat (ATP) pada sel, yang digunakan sebagai sumber energi kimia. Oleh karena itu, mitokondria disebut sebagai “pembangkit tenaga” pada sel. Jumlah mitokondria dalam sel sangat bervariasi menurut organisme, jaringan, dan jenis sel.

You might be interested:  FAQ: Mengapa Dalam Pengelolaan Keuangan Memerlukan Transparansi?

Mengapa Mitokondria banyak terdapat pada sel sel yang metabolismenya aktif?

Meskipun mitokondria ada di setiap sel, mereka ditemukan paling banyak di dalam sel otot dikarenakan otot yang paling membutuhkan lebih bnyak energi. Selain fungsi utama mitokondria adalah menghasilkan energi, mereka juga berperan penting dalam metabolisme tubuh.

Apa yang dimaksud dengan mitokondria dan apa fungsinya?

Pengertian Mitokondria Mitokondria merupakan organel tempat berlangsungnya fungsi respirasi sel pada makhluk hidup. Selain itu terdapat fungsi seluler lain seperti metabolisme asam lemak, biosintesispirimidina, homeostasis kalsium, transduksi sinyal seluler dan juga sebagai penghasil energi.

Apa saja fungsi dari mitokondria?

  • Fungsi mitokondria yang utama adalah sebagai tempat respirasi sel. Dari respirasi sel akan menghasilkan energi/ATP yang digunakan untuk aktivitas sel. Fungsi lain yaitu sel sinyal untuk sel saraf/neuron.
  • Bagian-bagian/struktur mitokondria:
  • Membran luar.
  • Membran dalam.
  • Krista.
  • Matriks mitokondria.
  • Ruang antar membran.

Apakah fungsi mitokondria di dalam sel?

Struktur, fungsi dan patofisiologi mitokondria Mitokondria merupakan organel sitoplasmik yang mempunyai membran ganda, dan memiliki DNAnya sendiri. Mitokondria memiliki peran kunci dalam homeostasis biokimia dalam tubuh sehingga dapat menentukan hidup atau matinya sel.

Mengapa mitokondria dan kloroplas disebut sebagai organel semi otonom?

Mitokondria dan kloroplas disebut organel semiotonom karena keduanya punya materi genetika yang bisa mengatur sintesis protein, punya membran dari sintesis ribosom (bukan dari RE), dan dapat membelah diri dalam sel.

Apa fungsi dari mitokondria brainly?

Fungsi mitokondria yang utama adalah menghasilkan energi yang diperoleh dari proses respirasi sel,namun mitokondria juga memiliki fungsi sebagai pengatur aktivitas metabolisme sel.

Apa yang akan terjadi jika mitokondria mengalami kerusakan?

Jawabannya tidak, karena apabila mitokondria mengalami kerusakan, maka kinerja organel lainnya ikut terganggu yang berujung pada kematian sel. Kasus mitokondria mengalami kerusakan disebut disfungsi mitokondria. Disfungsi mitokondria menyebabkan kerusakan struktural mitokondria sehingga mengganggu mekanisme kerja sel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *