Jawaban Cepat: Mengapa Bahasa Melayu Diangkat Sebagai Bahasa Indonesia?

Mengapa bahasa Melayu diangkat menjadi bahasa Indonesia?

Dapat ditarik kesimpulan bahwa Bahasa Melayu diangkat menjadi bahasa Indonesia karena bahasa Melayu telah digunakan sebagai bahasa pergaulan (Lingua Franca) di Nusantara. Sistem bahasa Melayu sederhana, mudah dipelajari karena dalam bahasa Melayu tidak dikenal tingkatan bahasa ( bahasa kasar dan bahasa halus).

Kapan Bahasa Melayu dikukuhkan sebagai bahasa nasional?

Para pemuda Indonesia yang tergabung dalam perkumpulan pergerakan secara sadar mengangkat bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia, yang menjadi bahasa persatuan untuk seluruh bangsa Indonesia sesuai isi Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928.

Mengapa bahasa Indonesia yang diangkat menjadi bahasa persatuan?

Bahasa Indonesia dianggap sebagai simbol penting dalam mempersatukan keanekaragaman suku bangsa, bentuk identitas nasionalisme bangsa, dan semangat menentukan nasib sendiri untuk melepaskan diri dari kolonialisme.

Mengapa bahasa Melayu diangkat menjadi bahasa Indonesia brainly?

Bahasa melayu diangkat menjadi bahasa persatuan di Indonesia pada 28 Oktober 1928 dalam peristiwa yang disebut Sumpah Pemuda. Namun, bahasa melayu dipilih sebagai bahasa Indonesia karena bahasa ini sudah menjadi lingua franca atau bahasa pengantar di wilayah Indonesia dan Asia Tenggara sejak ribuan tahun lalu.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Indonesia Dikatakan Strategis?

Mengapa bahasa Indonesia dipilih menjadi bahasa resmi bangsa indonesia brainly?

Penjelasan: Bahasa Indonesia dipilih sebagai bahasa persatuan dikarenakan NKRI terdiri dari berbagai macam suku, agama, ras,dan bahasa daerah yang beraneka ragam. Jadi, untuk mempersatukanya, diperlukan 1 bahasa yg menjadi bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.

Kapan bahasa Indonesia dikukuhkan sebagai bahasa nasional dan kapan sebagai bahasa negara?

Bahasa Indonesia diresmikan sebagai bahasa nasional setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 18 Agustus 1945. Ketetapannya dituangkan dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 pasal 36, yang menyatakan bahwa ” Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia “.

Sejak kapan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional?

Pada 1928 itulah, Bahasa Indonesia dikukuhkan kedudukannya sebagai bahasa nasional. Namun, bahasa Indonesia dinyatakan kedudukannya sebagai bahasa negara pada 18 Agustus 1945. Karena pada saat itu Undang-undang Dasar 1945 disahkan sebagai Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia.

Kapan Bahasa Indonesia disahkan secara sosiologis dan kapan disahkan secara yuridis?

Secara sosiologis, bahwa bahasa Indonesia baru di anggap lahir atau diterima keberadaan nya pada tanggal 28 oktober 1928. Secara yuridis, tanggal 18 Agustus 1945 bahasa Indonesia secara resmi diakui keberadaan nya.

Mengapa bahasa Indonesia jadi bahasa nasional?

TRIBUNNEWS.COM – Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang digunakan untuk memudahkan komunikasi antar warga di negara tersebut. Lebih dari 300 budaya lokal dengan berbagai macam dialek bahasanya membuat bahasa Indonesia menjadi alat komunikasi yang sempurna.

Mengapa bahasa Indonesia disebut juga sebagai bahasa nasional?

sebagai bahasa nasional berarti bahasa Indonesia tidak mengikat pemakainya untuk sesuai dg kaidah dasa. Bahasa Indonesia digunakan secara nonresmi,santai dan bebas. yang terpenting dl pergaulan dan perhubungan antar warga adalah makna yang disampaikan. Bahasa Indonesia sebagai Identitas Nasional.

You might be interested:  Kapan Dan Mengapa Indonesia Keluar Dari Pbb?

Apakah bahasa nasional dan bahasa persatuan?

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Bahasa Indonesia dilahirkan pada 28 Oktober 1928. Pada tahun yang sama pula, Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa nasional. Lalu pada 18 Agustus 1945, Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa negara.

Kenapa Bahasa Melayu lebih berterima dijadikan sebagai bahasa nasional dibandingkan bahasa daerah yang lain?

Alasan bahasa melyu diangkat menjadi bahasa persatuan itu dikarenakan bahasa melayu merupakan bahasa yang memiliki kemiripan dengan bahasa indonesia dan bukan hanya itu bahasa melayu juga terbilang sederhana,komunikatif,dikalangan masayarakat dan ini merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki oleh para pedang dan

Berasal dari manakah Lingua Franca?

Lingua franca (bahasa Latin yang artinya adalah “bahasa bangsa Franka”) adalah sebuah istilah linguistik yang artinya adalah “bahasa pengantar” atau “bahasa pergaulan” di suatu tempat di mana terdapat penutur bahasa yang berbeda-beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *