Jawaban Cepat: Mengapa Curah Hujan Di Indonesia Tinggi?

Mengapa curah hujan di Indonesia tinggi jelaskan?

Jawaban. Karena Indonesia Beriklim tropis. Dan Indonesia terletak di garis khatulistiwa yang menyebabkan kemungkinan terjadinya hujan semakin tinggi.

Apa yang akan terjadi jika curah hujan tinggi?

“Ada beberapa dampak yang ditimbulkan akibat bencana alam yang disebabkan oleh curah hujan tinggi yakni terganggunya sistem logistik nasional, keselamatan serta mobilisasi masyarakat pengguna jalan akan terganggu, serta kerusakan infrastruktur karena kerusakan jalan akibat longsor dan banjir,” tutur dia.

Sampai Kapan curah hujan tinggi?

BMKG: Curah Hujan Tinggi akan Terjadi Hingga April 2021.

Berapa rata rata curah hujan di Indonesia?

Rata – rata curah hujan di Indonesia berkisar antara 2.000-3.000 mm per tahun. Indonesia merupakan negara yang dilewati oleh garis ekuator dan termasuk negara tropis. Otomatis, curah hujan di Indonesia terbilang cukup tinggi. Rata – rata curah hujan di Indonesia berkisar antara 2.000-3.000 mm per tahun.

Apa yang akan terjadi jika curah hujan tinggi brainly?

Pembahasan: Curah hujan tinggi dapat mengakibatkan bencana alam berupa banjir, tanah longsor di daerah perbukitan, gagal panen dikarenakan padi telah membusuk.

You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Tidak Boleh Melihat Gerhana Matahari Secara Langsung?

Mengapa curah hujan di indonesia lebih tinggi dan lebih lama pertahunnya?

Deputi Bidang Klimatologi BMKG Herizal menyatakan, curah hujan yang tinggi disebabkan oleh penguatan aliran monsun Asia dan pertemuan angin monsun intertropis di utara Jawa.

Hal apa yang mempengaruhi curah hujan pola lokal?

Jawaban terverifikasi ahli. Lima faktor yang berpengaruh terhadap besar kecilnya curah hujan di Indonesia antara lain luas wilayah perairan, intensitas penyinaran matahari, pola pergerakan angin, topografi, serta banyak sedikitnya asap pabrik dan kendaraan bermotor.

Apa manfaat adanya prakiraan cuaca dalam kehidupan sehari hari?

Manfaat data prakiraan cuaca untuk kehidupan manusia: Memperkirakan waktu tanam dan jenis tanaman yang cocok untuk ditanam. Menjaga keselamatan transportasi. Membantu merencanakan kegiatan sehari – hari.

Apa yang dimaksud dengan fenomena La Nina?

La Nina adalah fenomena suhu permukaan laut yang menurun sepanjang timur dan tengah Samudera Pasifik di garis khatulistiwa.

Musim kemarau 2021 bulan apa?

KOMPAS.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau tahun ini akan mulai terjadi pada April 2021. Musim kemarau akan mulai dialami 22,8 persen Zona Musim (ZOM), yaitu beberapa zona musim di Nusa Tenggara, Bali, dan sebagian Jawa.

Kapan puncak musim hujan 2021?

Periode musim hujan tersebut telah dinyatakan dan diprediksikan akan berlangsung hingga Maret-April 2021.

Musim hujan 2020 sampai bulan apa?

“Januari hingga Februari puncak musim hujan,” kata Taufan kepada Okezone, Minggu (11/10/ 2020 ).

Curah hujan normal berapa?

Normal curah hujan ini terbagi menjadi 3 kategori, yaitu rendah (0 – 100 mm), menengah ( 100 – 300 mm), tinggi (300 – 500 mm), dan sangat tinggi (>500 mm).

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Bahasa Indonesia Dipilih Sebagai Bahasa Pemersatu?

Bagaimana pola curah hujan di Indonesia?

Curah hujan antarwilayah di Indonesia bervariasi, tetapi umumnya curah hujan di Indonesia sekitar 2.500 milimeter per tahun.

Bagaimana cara menghitung curah hujan?

Cara perhitungan metode ini adalah dengan menentukan dan membagi daerah-daerah sepanjang DAS yang memiliki intensitas hujan yang sama. Besaran curah hujan antara stasiun pertama dan kedua dijumlahkan dan dibagi dua, kemudian dikalikan dengan luas DAS stasiun pertama yang dibagi dengan luas DAS total stasiun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *