Jawaban Cepat: Mengapa Iklim Musim Terjadi Di Indonesia?

Sebutkan 2 Iklim apa saja yang terjadi di Indonesia dan mengapa iklim tersebut bisa terjadi?

Iklim tropis: terjadi karena Indonesia berada di daerah tropis, suhu tinggi mengakibatkan penguapan tinggi dan berpotensi terjadinya hujan. Iklim laut: terjadi karena Indonesia memiliki wilayah laut luas, sehingga banyak penguapan dan mengakibatkan hujan.

Apa faktor yang menyebabkan terjadinya iklim atau musim di Indonesia?

Iklim di Indonesia salah satunya adalah iklim musim. Adapun yang menjadi faktor penyebab terjadinya iklim musim di Indonesia adalah angin muson barat dan angin muson timur. Angin muson merupakan angin yang disebabkan karena terjadinya perbedaan tekanan udara pada benua dan samudera.

Jelaskan iklim di Indonesia dan apa pengaruhnya terhadap musim di Indonesia?

Indonesia memiliki iklim tropis yang hanya terdiri dari dua musim saja, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Kondisi tersebut menguntungkan karena: Menyebabkan wilayah Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi sehingga sesuai dengan kegiatan pertanian dan perkebunan.

You might be interested:  Mengapa Ibu Hamil Tidak Mengalami Menstruasi?

Apa Penyebab Indonesia memiliki iklim muson tropis?

Indonesia memiliki iklim muson tropis karena adanya pengaruh dari letak Indonesia secara astronomis dan geografis. Sedangkan secara geografis, Indonesia terletak diantara dua benua (Asia dan Australia) sehingga menyebabkan Indonesia dilalui oleh angin muson yang berpengaruh terhadap perubahan musim di Indonesia.

Apa iklim negara Indonesia dan musimnya?

Indonesia memiliki tiga jenis iklim, yaitu: Iklim Musim (Muson), terjadi karena angin musim yang bertiup berganti arah setiap setengah tahun sekali. Angin musim terdiri dari angin musim barat daya dan angin musim timur laut. Iklim ini membuat Indonesia mengalami perubahan musim setiap 6 bulan sekali.

Tuliskan iklim apa saja yang ada di Indonesia?

Jawaban terverifikasi ahli. Iklim yang di kenal di Indonesia ada tiga iklim antara lain terdiri dari iklim musim (muson), iklim tropika ( iklim panas), dan iklim laut. Iklim Muson terjadi karena pengaruh angin musim yang bertiup berganti arah tiap-tiap setengah tahun sekali.

Apa faktor penyebab terjadinya 2 musim di Indonesia?

Kondisi Geografis Indonesia Letak Indonesia di garis khatulistiwa menyebabkan terjadinya dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Ketika terjadi musim kemarau, daerah sekitar khatulistiwa mulai kesulitan sumber air dan mengalami kekeringan.

Apa saja faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan iklim?

Berdasarkan data yang diterima Indonesiabaik, ada beberapa faktor penyebab perubahan iklim, diantaranya:

  • Efek gas rumah kaca.
  • Pemanasan Global.
  • Kerusakan lapisan ozon.
  • Kerusakan fungsi hutan.
  • Penggunaan Cloro Flour Carbon (CFC) yang tidak terkontrol.
  • Gas buang industri.

Faktor apakah yang menyebabkan terjadinya perubahan iklim global?

Fenomena perubahan iklim berawal dari pemanasan global. Pemanasan global merupakan keadaan dimana suhu bumi mengalami kenaikan dibandingkan sebelumnya. Kenaikan suhu tersebut disebabkan oleh peningkatan emisi gas karbon dioksida dan gas rumah kaca lainnya.

You might be interested:  FAQ: Mengapa Wifi Tidak Bisa Connect?

Musim hujan dari bulan apa sampai bulan apa?

Dwikorita menyampaikan pula bahwa Musim Hujan di Indonesia akan dimulai secara bertahap di akhir bulan Oktober, terutama dimulai dari wilayah Indonesia Barat dan sebagian besar wilayah Indonesia diprakirakan mengalami puncak musim hujan di bulan Januari dan Februari 2021.

Musim apa saja yang ada di Indonesia?

Indonesia termasuk salah satu negara beriklim tropis yang hanya memiliki 2 musim saja, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Namun di beberapa wilayah di tanah air, ternyata penduduknya sempat merasakan 4 musim berbeda layaknya berada di luar negeri.

Apa akibat dari iklim tropis di Indonesia?

Pengaruh iklim tropis di Indonesia adalah menyebabkan tingginya intensitas penyinaran matahari, tingginya curah hujan, serta beragamnya jenis vegetasi yang tumbuh di Indonesia.

Mengapa wilayah Indonesia hanya dipengaruhi oleh musim hujan dan musim kemarau?

Angin Muson Barat bertiup sekitar bulan Oktober hingga April yang basah sehingga membawa musim hujan / penghujan. Angin Muson Timur bertiup sekitar bulan Mei hingga bulan September yang sifatnya kering yang mengakibatkan wilayah Indonesia mengalami musim kering/ kemarau.

Mengapa negara kita beriklim tropis?

Penyebab Indonesia beriklim tropis ada banyak, lo, mulai dari faktor letak geografis hingga faktor tingkat curah hujan. Wilayah tropis biasanya dikaitkan dengan keberadaan hutan tropis, pantai dan laut, serta cuaca yang cerah.

Mengapa Indonesia memiliki 2 musim hujan dan kemarau?

Alasan mengapa Indonesia hanya mengalami dua musim adalah karena wilayah Indonesia dilalui oleh garis khatulistiwa atau equator sehingga beriklim tropis. Negara dengan iklim tropis ini memang hanya memiliki dua musim saja yakni kemarau dan penghujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *