Jawaban Cepat: Mengapa Indonesia Memilih Susunan Negara Kesatuan?

Mengapa bangsa kita memilih bentuk negara kesatuan?

Kejadian itu seperti disepakatinya Deklarasi Djuanda. Deklarasi itu yang membuat negara kesatuan menjadi utuh sebab wilayah perairan yang berada di dalam wilayah Indonesia menjadi kedaulatan Indonesia. “Atas jasa Djuanda, laut bukan pemisah wilayah namun sebagai penghubung,” paparnya.

Mengapa Indonesia memilih bentuk negara kesatuan dan bukan negara serikat?

Karena rasa persatuan Rakyat Indonesia sebagai satu bangsa, masih belum sekokoh negara Amerika Serikat. Karena Amerika jauh lebih matang dalam berpolitik dan berdemokrasi. Semenjak berakhirnya Perang Saudara AS dimasa Presiden Abraham Lincoln, persatuan bangsa Amerika semakin kokoh.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia?

Negara Indonesia terdiri atas wilayah yang luas dan tersebar dengan bermacam adat, suku, keyakinaan serta budaya. Itu sebagai tujuan dasar menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulatan, adil, dan makmur. NKRI adalah negara kesatuan yang dibagi atas daerah-daerah, provinsi, kabupaten/kota.

Apakah bentuk negara Indonesia yang berbentuk negara kesatuan sudah tepat?

Merdeka.com – Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik konstitusional. Meski begitu, tetap didampingi dengan sistem pemerintahan demokrasi dan sistem presidensial. Berdasar Pasal 1 Ayat 1 UUD 1945, Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik.

You might be interested:  FAQ: Mengapa Perjuangan Bangsa Indonesia Sering Mengalami Kegagalan?

Apa yang dimaksud dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia brainly?

Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) merupakan negara kesatuan berbentuk republik dengan sistem desentralisasi (pasal 18 UUD 1945), di mana pemerintah daerah menjalankan otonomi seluas-luasnya di luar bidang pemerintahan yang oleh undang-undang ditentukan sebagai urusan pemerintah pusat.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan negara kesatuan?

Arti negara kesatuan adalah negara yang berdaulat, diselenggarakan sebagai satu kesatuan tunggal, di mana pemerintah pusat merupakan yang tertinggi serta satuan-satuan subnasionalnya hanya menjalankan suatu kekuasaan yang sudah dipilih oleh pemerintah pusat untuk didelegasikan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan negara federal?

Dalam pengertian modern, sebuah federasi adalah sebuah bentuk pemerintahan yang beberapa negara bagian bekerja sama dan membentuk kesatuan yang disebut negara federal. Masing-masing negara bagian memiliki beberapa otonomi khusus dan pemerintahan pusat mengatur beberapa urusan yang dianggap nasional.

Apakah bentuk negara kesatuan merupakan bentuk yang tepat?

Kesimpulannya, bentuk negara kesatuan adalah yang paling cocok untuk negara Indonesia karena sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia yaitu untuk menyatukan keberagaman yang ada Indonesia. Sedangkan bentuk negara federal tidak cocok untuk Indonesia karena bisa memecah belah bangsa.

Apakah bentuk negara kesatuan dapat diubah jelaskan?

Sama halnya dengan bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tidak dapat dilakukan perubahan, mengingat penetapan bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia ditetapkan oleh pendiri bangsa Indonesia.

Apakah bentuk negara kesatuan dapat diubah?

Berdasarkan Pasal 37 UUD 1945, bentuk negara kesatuan tersebut merupakan harga mati yang tidak dapat diubah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *