Jawaban Cepat: Mengapa Korupsi Sulit Diberantas Di Indonesia?

Mengapa korupsi sulit dihilangkan?

Kasus korupsi tidak hanya dilakukan oleh oknum pejabat namun masyarakat saja dalam kehidupan sehari-harinya banyak yang melakukan tindakan korupsi. Kenyataan itulah yang menjadi salah satu penyebab korupsi sulit diberantas, dan ditambah lagi dengan penegakan hukum yang sangat lemah.

Mengapa korupsi masih marak terjadi di Indonesia?

Selain hukumannya yang rendah, alasan masih adanya korupsi di Indonesia karena adanya keserakahan, kesempatan, dan kebutuhan. Bahkan, korupsi juga dapat terjadi karena sistem yang tidak berjalan maksimal. Tidak hanya itu, alasan masih adanya korupsi karena kurangnya integritas.

Mengapa praktik korupsi kerap terjadi dan sulit diatasi?

Korupsi sangat sulit untuk dihilangkan bahkan hampir tidak mungkin dapat diberantas, oleh karena itu sangat sulit memberikan pembuktian-pembuktian yang eksak. Disamping itu sangat sulit mendeteksinya dengan dasar-dasar hukum yang pasti. Pemerintah harus selalu waspada dalam menangulangi permasalahan ini.

Mengapa korupsi dibiarkan berkembang di negara kita?

Kampanye-kampanye politik yang mahal, dengan pengeluaran lebih besar dari pendanaan politik yang normal. Kampanye yang begitu mahal dalam mencalonkan diri menjadi kepala-kepala pemerintahan baik pada tingkat pusat maupun daerah merupakan salah satu faktor penyebab maraknya kasus korupsi di Indonesia.

You might be interested:  Tanya pembaca: Jelaskan Mengapa Membran Plasma Bersifat Semipermeabel?

Mengapa Korupsi di Indonesia harus di berantas?

Korupsi harus diberantas karena korupsi bisa berdampak kerugian di segala segi kehidupan, mulai dari kemiskinan hingga hancurnya perekonomian negara. Peran serta masyarakat dalam pemberantasan korupsi adalah mencegah, melaporkan dan menolak ikut serta dalam praktik korupsi. Korupsi juga menyebabkan rusaknya lingkungan.

Kenapa korupsi dianggap sebagai kejahatan yang luar biasa?

Dikatakan sebagai kejahatan luar biasa karena korupsi bukan hanya kejahatan yang merugikan uang negara, tetapi dapat berdampak pada seluruh program pembangunan, kualitas pendidikan menjadi rendah, kualitas bangunan menjadi rendah, mutu pendidikan jatuh, serta kemiskinan tidak tertangani.

Mengapa Korupsi terjadi di negara kita?

Korupsi terjadi karena adanya faktor kekuasaan dan monopoli yang tidak dibarengi dengan akuntabilitas. Teori ini menyatakan bahwa korupsi merupakan suatu perilaku manusia yang diakibatkan oleh tekanan sosial sehingga menyebabkan pelanggaran norma-norma.

Apa sajakah hal hal yang menjadi penyebab terjadinya korupsi?

Faktor – faktor Penyebab Korupsi

  • Faktor Internal, merupakan faktor pendorong korupsi yang berasal dari dalam diri setiap individu.
  • a) Sifat tamak/rakus manusia.
  • b) Gaya hidup konsumtif.
  • c) Moral yang kurang kuat.
  • Faktor Eksternal, merupakan faktor pemicu terjadinya tindakan korupsi yang berasal dari luar diri pelaku.
  • Faktor Politik.
  • Faktor Hukum.

Apa yang anda ketahui tentang korupsi?

Korupsi atau rasuah (bahasa Latin: corruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok) adalah tindakan pejabat publik, baik politisi maupun pegawai negeri, serta pihak lain yang terlibat dalam tindakan itu yang secara tidak wajar dan tidak legal menyalahgunakan

Apa yang menjadi faktor penyebab tindak pidana korupsi dan bagaimana upaya pemberantasan korupsi di Indonesia?

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Pertama, faktor – faktor penyebab terjadinya tindak pidana korupsi bersifat multidimensi, Kedua, upaya non-penal yang dapat dilakukan untuk menanggulangi faktor – faktor penyebab tersebut yaitu: mendesain ulang pelayanan publik, transparansi, meningkatkan pemberdayaan perangkat-

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Orang Tua Berperan Sangat Penting Dalam Keluarga?

Menurut Anda faktor apakah yang menjadi penyebab maraknya perilaku korupsi yang dilakukan oleh para pejabat daerah di era otonomi daerah ini?

Faktor – faktor terjadinya korupsi disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: Sistem pemerintahan dan birokrasi yang memang kondusif untuk melakukan penyimpangan, Belum adanya sistem kontrol dari masyarakat yang kuat, dan belum adanya perangkat peraturan dan perundang-perundangan yang tegas.

Mengapa pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi di Indonesia belum maksimal brainly?

Jawaban: Alasan mengapa pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi di Indonesia belum maksimal: Belum diimbangi kinerja aparat penegak hukumnya yang maksimal. Masih terdapatnya peraturan perundang-undangan yang multitafsir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *