Mengapa Guru Harus Memiliki 4 Kompetensi?

4 kompetensi guru apa saja?

Berdasarkan UU, ada 4 kompetensi yang wajib dimiliki seorang guru, yaitu:

  • Kompetensi Pedagogik. Kompetensi Pedagogik Guru adalah kemampuan atau keterampilan guru yang bisa mengelola suatu proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik.
  • Kompetensi Kepribadian.
  • Kompetensi Sosial.

Mengapa seorang guru harus memiliki kompetensi?

mampu mengembangkan kurikulum dan pembelajaran secara kreatif dan inovatif. menguasai dasar-dasar materi kegiatan ekstra kurikuler yang mendukung tercapainya tujuan utuh pendidikan siswa. mampu menilai dan memperbaiki pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas (PTK)

Bagaimana guru yang profesional mengacu pada 4 empat kompetensi guru?

Sementara itu, standard kompetensi yang tertuang ada dalam peraturan Menteri Pendidikan Nasional mengenai standar kualifikasi akademik serta kompetensi guru dimana peraturan tersebut menyebutkan bahwa guru profesional harus memiliki 4 kompetensi guru profesional yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi

Mengapa guru harus memahami kompetensi pedagogik?

Ada beberapa manfaat yang diperoleh guru maupun siswa dengan adanya kompetensi pedagogik, yaitu guru dapat memahami peserta didik dengan memanfaatkan prinsip-prinsip perkembangan kognitif siswa dan guru dapat memahami perkembangan kepribadian siswa dan merefleksikannya dalam proses pembelajaran.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Mengapa Al Qur An Disebut Kitab Universal?

Apa saja kompetensi kepribadian yang perlu dimiliki guru?

Seorang guru harus memiliki kompetensi kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta, dan berakhlak mulia. Agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, professional dan dapat dipertanggungjawabkan, guru harus memiliki kepribadian yang mantap, stabil, dan dewasa.

3 Apa saja Kompetensi kepribadian yang perlu dimiliki guru?

Sedangkan yang mengacu pada standar nasional pendidikan, kompetensi kepribadian guru meliputi: 1) Memiliki kepribadian yang mantap dan stabil yang indikatornya bertindak sesuai norma hukum, norma sosial, bangga sebagai pendidik, dan memiliki konsistensi dalam bertindak sesuai dengan norma; 2) Memiliki kepribadian yang

Apa akibatnya terhadap pendidikan kalau seorang guru tidak memiliki kompetensi?

Guru yang kurang terlatih akan mengakibatkan peserta didik tidak menerima materi dengan baik,dan tidak memiliki keterampilan dasar seperti matematika dan ilmu pengetahuan dengan baik. Banyak guru yang bingung sehingga pembelajaran kurang optimal. Guru akan sulit menerima perubahan jika kompetensinya rendah.

Bagaimana kompetensi guru profesional berdasarkan Undang Undang?

4. Kompetensi Profesional Penjelasan dalam Undang – undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru Dan Dosen, kompetensi profesional adalah Kemampuan penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam.

Empat jenis kompetensi guru menurut UU RI No 14 Tahun 2015 ini tersurat pada pasal berapa?

Dalam undang undang nomor 14 tahun 2005 pasal 10 ayat 1 disebutkan bahwa kompetensi guru dikelompokkan menjadi 4 kelompok, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.

Apa yang dimaksud dengan kompetensi guru?

Kompetensi guru merupakan perpaduan antara kemampuan personal, keilmuan, teknologi, sosial, dan spiritual yang secara menyeluruh membentuk kompetensi standar profesi guru, yang mencakup penguasaan materi, pemahaman terhadap peserta didik, pembelajaran yang mendidik, pengembangan pribadi, dan profesionalisme.

You might be interested:  Pertanyaan: Mengapa Punggung Terasa Sakit?

Apa manfaat bagi siswa jika memiliki kompetensi pedagogik?

Manfaat Kompetensi Pedagogik Guru Bagi Siswa Rasa keingintahuan siswa dapat terpenuhi karena tenaga pengajar mampu mengelola dan merangsang daya pikir kritis para siswa dalam proses belajar-mengajar. Timbulnya kemampuan dan keberanian peserta didik dalam memberikan pendapat dan menyelesaikan masalah.

Apa tujuan dari pedagogik?

Tujuan paedagogik adalah: Memanusiakan manusia, menjadikan seseorang dewasa demi kebahagiaan dalam menjalani kehidupan. Agar anak di kemudian hari mampu memahami dan menjalani kehidupan dan kelak dapat menghidupi diri mereka sendiri, dapat hidup secara bermakna, dan dapat turut memuliakan kehidupan.

Apa yang dimaksud dengan ilmu pedagogik?

Pedagogi adalah ilmu atau seni dalam menjadi seorang guru. Istilah ini merujuk pada strategi pembelajaran atau gaya pembelajaran. Pedagogi juga kadang-kadang merujuk pada penggunaan yang tepat dari strategi mengajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *