Mengapa Indonesia Disebut Negara Kepulauan?

Mengapa negara kita disebut sebagai negara kepulauan?

Indonesia disebut negara kepulauan terbesar karena memiliki banyak pulau, baik besar maupun kecil. Menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan, jumlah pulau yang ada di Indonesia mencapai 17.504 pulau. Pulau – pulau yang berada di kedua sisi equator dan sekitar 6.000 pulau dihuni oleh manusia.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kepulauan brainly?

1. Indonesia disebut sebagai negara kepulauan karena negara Indonesia memiliki wilayah yang terdiri dari banyak pulau. Pulau di Indonesia sendiri mencapai 17.000an dan 16.056 pulau sudah dibakukan namanya di PBB hingga juli 2017.

Mengapa indonesia disebut negara maritim atau kepulauan?

Indonesia menjadi negara terluas di kawasan Asia Tenggara. Negara Seribu Pulau ini juga menempati urutan ke-15 dalam daftar negara terbesar di dunia. Selain memiliki wilayah yang luas, Indonesia juga dijuluki sebagai negara maritim. Ini karena sebagian besar wilayah Indonesia terdiri dari perairan.

Mengapa indonesia disebut negara kepulauan beri 2 alasan yang jelas?

“ Indonesia disebut negara kepulauan karena wilayahnya yang luas dengan jumlah pulau hingga ribuan. Kepulauan di Indonesia terdiri dari 5 pulau besar dan 17.000 lebih pulau kecil lainnya, baik yang dihuni maupun yang tidak dihuni.”

Apa maksud dari sebutan Indonesia sebagai negara maritim?

Apakah maksud sebutan Indonesia sebagai negara maritim ​ Indonesia sering disebut sebagai negara Maritim karena secara geografis mempunyai daerah teritorial perairan dan laut yang lebih luas bahkan lebih dari daerah dan teritorial darat.

You might be interested:  Mengapa Harga Minyak Dunia Turun?

Apa yang dimaksud dengan Indonesia sebagai negara maritim berikan pendapatmu sendiri?

KOMPAS.com – Negara maritim adalah negara yang berada dalam kawasan laut yang luas. Dilansir dari situs Perum Perindo, Indonesia secara geografis sebuah negara kepulauan dengan dua pertiga luas lautan lebih besar daripada daratan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *