Pertanyaan: Mengapa Bahasa Melayu Diangkat Menjadi Bahasa Indonesia?

Mengapa bahasa Melayu diangkat menjadi Indonesia?

Dapat ditarik kesimpulan bahwa Bahasa Melayu diangkat menjadi bahasa Indonesia karena bahasa Melayu telah digunakan sebagai bahasa pergaulan (Lingua Franca) di Nusantara. Sistem bahasa Melayu sederhana, mudah dipelajari karena dalam bahasa Melayu tidak dikenal tingkatan bahasa ( bahasa kasar dan bahasa halus).

Mengapa bahasa Melayu diangkat menjadi bahasa Indonesia brainly?

Bahasa melayu diangkat menjadi bahasa persatuan di Indonesia pada 28 Oktober 1928 dalam peristiwa yang disebut Sumpah Pemuda. Namun, bahasa melayu dipilih sebagai bahasa Indonesia karena bahasa ini sudah menjadi lingua franca atau bahasa pengantar di wilayah Indonesia dan Asia Tenggara sejak ribuan tahun lalu.

Atas usul Siapa bahasa Melayu diangkat menjadi bahasa Indonesia?

Bahasa Melayu diangkat dengan penuh kesadaran menjadi bahasa Indonesia oleh para pemuda Indonesia yang tergabung dalam perkumpulan pergerakan, selanjutnya menjadi bahasa persatuan bagi segenap bangsa Indonesia (Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928).

Kapan Bahasa Melayu dikukuhkan sebagai bahasa nasional?

Para pemuda Indonesia yang tergabung dalam perkumpulan pergerakan secara sadar mengangkat bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia, yang menjadi bahasa persatuan untuk seluruh bangsa Indonesia sesuai isi Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928.

You might be interested:  Mengapa Benua Australia Dikatakan Unik Dilihat Dari Segi Luasnya?

Kenapa harus ada bahasa Indonesia?

Dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, fungsi bahasa Indonesia adalah sebagai lambang kebanggaan kebangsaan, indentitas nasional, alat perhubungan antar warga, antar daerah dan antar budaya, serta alat pemersatu suku, budaya dan bahasa di Nusantara.

Mengapa bahasa Melayu tidak memiliki tingkatan?

Bahkan dapat dikatakan bahasa melayu tanpa tingkatan bahasa. Pertama, bahasa Melayu telah tersebar luas di wilayah Nusantara. Hal itu disebabkan oleh penuturnya yang cenderung berwatak perantau. Penutur bahasa Melayu merantau karena kebanyakan diantara mereka berprofesi sebagai pedagang.

Kenapa Bahasa Melayu lebih berterima dijadikan sebagai bahasa nasional dibandingkan bahasa daerah yang lain?

Alasan bahasa melyu diangkat menjadi bahasa persatuan itu dikarenakan bahasa melayu merupakan bahasa yang memiliki kemiripan dengan bahasa indonesia dan bukan hanya itu bahasa melayu juga terbilang sederhana,komunikatif,dikalangan masayarakat dan ini merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki oleh para pedang dan

Mengapa bahasa Indonesia dipilih menjadi bahasa resmi bangsa indonesia brainly?

Penjelasan: Bahasa Indonesia dipilih sebagai bahasa persatuan dikarenakan NKRI terdiri dari berbagai macam suku, agama, ras,dan bahasa daerah yang beraneka ragam. Jadi, untuk mempersatukanya, diperlukan 1 bahasa yg menjadi bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.

Bagaimana Bahasa Melayu pada akhirnya diadopsi menjadi bahasa nasional di Indonesia?

Alasan mengapa bahasa melayu diangkat menjadi bahasa melayu dikarenakan berdasarkan dari waktu penggunaannya. sampai dengan saat dicetuskannya Sumpah Pemuda. Ciri ragam bahasa Indonesia lama masih dipengaruhi oleh bahasa Melayu. Bahasa Melayu inilah yang akhirnya menjadi bahasa Indonesia.

Kapan bahasa Indonesia dikukuhkan sebagai bahasa nasional dan kapan sebagai bahasa negara?

Bahasa Indonesia diresmikan sebagai bahasa nasional setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 18 Agustus 1945. Ketetapannya dituangkan dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 pasal 36, yang menyatakan bahwa ” Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia “.

You might be interested:  FAQ: Mengapa Gigi Berlubang Dapat Menimbulkan Rasa Sakit?

Sejak kapan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional?

Pada 1928 itulah, Bahasa Indonesia dikukuhkan kedudukannya sebagai bahasa nasional. Namun, bahasa Indonesia dinyatakan kedudukannya sebagai bahasa negara pada 18 Agustus 1945. Karena pada saat itu Undang-undang Dasar 1945 disahkan sebagai Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *