Pertanyaan: Mengapa Setelah Sisir Plastik Digosok Dengan Rambut Sisir Akan Bermuatan Negatif?

Mengapa setelah sisir plastik digosok dengan rambut?

Sisir plastik netral jika digosok dengan rambut kering maka akan terjadi perpindahan elektron dari rambut ke sisir. Hal ini menjadikan sisir plastik bermuatan negatif karena memiliki lebih banyak elektron. Sisir jadi dapat menarik rambut kita.

Apa yang terjadi pada sisir plastik dan rambut adalah?

Muatan pada sisir plastik yang digosok rambut kering adalah negatif. Saat kita menggosok sisir dengan rambut kering, elektron dari rambut kering akan pindah ke sisir plastik. Sisir menjadi kelebihan elektron sehingga sisir bermuatan negatif sedangkan rambut kering akan bermuatan positif.

Pada saat sisir plastik didekatkan dengan sisir plastik apa yang akan terjadi dan jelaskan alasannya?

Jawaban. sisir plastik digosok dengan kain wol akan bermuatan NEGATIF. elektron dari kain wol berpindah ke sisir plastik. sisir plastik dan kaca akan tarik menarik karena memiliki muatan yang berbeda.

You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Doa Belum Dikabulkan?

Apa yang terjadi ketika sisir didekatkan ke rambutmu?

Elektron bisa meloncat dari atom, kalau diberi energi. Ketika kita menggosokkan sisir ke rambut, kita sedang memberikan energi. Apabila suatu benda yang memiliki kelebihan elektron didekatkan pada benda lain yang kekurangan elektron, kedua benda itu akan saling tarik menarik.

Apa yang terjadi jika penggaris plastik digosok dengan rambut?

Mengapa hal itu dapat terjadi? Karena penggaris plastik yang digosok -gosokkan pada rambut menjadi bermuatan listrik. Muatan listrik itulah yang menyebabkan sobekan kertas kecil dapat tertarik ke penggaris. Muatan positif disebut proton, muatan negatif disebut elektron dan muatan netral disebut neutron.

Mengapa kertas bisa menempel di penggaris?

Atom-atom penggaris tersebut memiliki jumlah proton dan elektron yang sama. Pada saat kamu menggosok penggaris tersebut dengan rambut, gosokan itu menyebabkan elektron-elektron itu pindah dari rambut ke penggaris. Sebagaimana potongan kertas kecil yang tertarik dan menempel pada penggaris yang telah bermuatan listrik.

Apakah rambut memiliki elektron?

Rambut kehilangan elektron, sehingga rambut itu bermuatan positif. Sisir tersebut kelebihan elektron sehingga sifat klistrikan muncul pada sisir tersebut dan kecendrungannya menarik proton yang ada pada benda netral yaitu potongan-potongan kertas seperti pada gambar diatas.

Apa yang terjadi pada sisir plastik yang digosokkan pada rambut kering?

sisir plastik yang digosokkan pada rambut menjadi bermuatan listrik karena elektron dari rambut berpindah ke sisir plastik, sehingga sisir plastik kelebihan elektron. Akhirnya sisir plastik tersebut menjadi bermuatan negatif.

Bagaimana dan jelaskan muatan yang terjadi antara sisir atau penggaris yang digosokkan pada rambut kering?

Jika dua buah benda digosokkan, elektron akan berpindah dari satu benda ke benda lain. Sebagai contoh sisir atau penggaris plastik yang digosokkan pada rambut kering akan bermuatan negatif karena sisir atau penggaris plastik mengalami kelebihan elektron (elektron dari rambut berpindah ke sisir atau penggaris plastik).

You might be interested:  Pertanyaan: Mengapa Israel Menyerang Palestina Menurut Al Quran?

Mengapa Plastik Mika Sisir plastik setelah digosok dengan rambut dapat menarik kertas kecil?

Reaksi Rambut Kering dan Penggaris Plastik Saat kita menggosokkan sisir atau penggaris listrik ke rambut yang kering, benda itu mendapatkan muatan listrik, teman-teman. Nah, karena muatan listrik itulah, sisir atau penggaris plastik jadi bsa mengerahkan kekuatan pada kertas dan menariknya mendekat.

Mengapa penggaris plastik yang digosokkan dengan kain wol akan tarik menarik?

Mistar plastik akan mendapatkan sejumlah elektron dari kain wol. Sehingga mistar plastik bermuatan negatif, sedangkan kain wol bermuatan positif. Kaca akan memberikan sejumlah elektron ke kain sutra. Jika penggaris plastik (-) didekatkan pada batang kaca (+) akan terjadi GAYA TARIK MENARIK.

Jelaskan tiga cara dimana suatu benda yang netral dapat menjadi bermuatan listrik?

Tiga cara membuat benda netral agar menjadi bermuatan listrik antara lain yaitu:

  • Cara gosokan, yaitu benda netral digosok dengan benda lain.
  • Cara induksi, yaitu pemisahan muatan yang tadinya tersebar merata pada suatu benda menjadi teratur antara muatan positif dan muatan negatifnya.

Apa yang menyebabkan sebuah benda bermuatan listrik?

Muatan Listrik Inti atom terdiri dari proton dan neutron, sementara elektron bergerak mengelilingi inti atom dalam lintasan tertentu (berada di kulit atom). Nah, listrik statis ini terjadi karena adanya perpindahan elektron. Benda menjadi bermuatan karena elektronnya dipindahkan dari benda satu ke benda lain.

Sebuah sisir didekatkan pada aliran air kemudian air membelok Bagaimanakah hal tersebut dapat terjadi berikan alasannya?

Apabila sisir digosok pada rambut maka aliran airnya berbelok ke arah sisir. Karena sisir tersebut bermuatan listrik dan setiap sisir ini didekatkan pada air yang mengalir, maka akan menumbuk atom-atom di udara dan membuat atom-atom itu tereksitasi.

You might be interested:  Mengapa Kita Harus Hidup Rukun?

Kenapa pena yang di gosok bisa menarik kertas?

Sobek-sobekan kertas dapat ditarik sisir atau penggaris plastik yang digosok dengan rambut, karena penggaris plastik bermuatan negatif, sementara kertas bermuatan positif. Muatan yang berlawanan menyebabkan timbulnya gaya tarik menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *