Pertanyaan: Mengapa Sumber Daya Alam Harus Dilestarikan?

Mengapa sumber daya alam harus dilestarikan brainly?

Jawaban terverifikasi ahli Khusus SDA yang dapat diperbaharui, kita sebagai penduduk bumi perlu melestarikannya untuk dapat mendukung kehidupan manusia itu sendiri beserta makhluk hidup. Selain itu, SDA tersebut juga kita peruntukkan untuk generasi yang mendatang. Oleh sebab itu SDA harus dilestarikan mulai saat ini.

Mengapa sumber daya energi harus tetap dilestarikan?

Kita harus melestarikan sumber energi karena: Menjaga sumber daya alam tak teperbaharui. Mengurangi polusi. Menghemat uang dan mengurangi pengeluaran.

Mengapa sumber daya alam tersebut harus?

Sumber daya alam harus dilestarikan agar tetap terjaga kelestariannya sehingga kebutuhan manusia dapat terpenuhi.

Apa akibat jika sumber daya alam tidak dilestarikan?

Terjadi bencana alam Akibat yang pertama yang dapat terjadi apabila kita tidak melestarikan lingkungan adalah terjadinya bencana alam. Beberapa bencana alam yang terjadi akibat tidak menjaga kelestarian lingkungan dengan baik adalah banjir dan tanah longsor serta mengakibatkan pencemaran tanah.

You might be interested:  Pertanyaan: Mengapa Baterai Hp Cepat Habis?

Bagaimana cara mengolah sumber daya alam agar tetap lestari?

Oleh karena itu perlu ada tindakan pelestarian sumber daya alam, adapun usaha usaha untuk melestarikan alam diantaranya sebagai berikut:

  1. Penanaman kembali hutan hutan yang gundul.
  2. Menjaga kebersihan lingkungan.
  3. Membuat terasering pada pertanian di pegunungan.
  4. Membatasi pengambilan sumber daya alam yang berlebihan.

Mengapa sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui harus digunakan secara bijak?

Pemanfaatan sumber energi harus dilakukan dengan bijak. Hal ini karena sumber energi yang masih banyak digunakan masuk dalam kategori sumber energi yang tidak dapat diperbaharui. Untuk menggantikan energi yang habis dan kurang baik bagi lingkungan harus segera dikembangkan, salah satunya dengan energi terbarukan.

Sumber daya alam apakah yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di daerah tempat tinggalmu?

Sumber daya alam yang paling banyak tersedia di daerah tempat tinggalku adalah sayur mayur, umbi-umbian, tanaman bawang, buah-buahan dan lain sebagainya.

Jenis sumber daya alam apa saja yang kamu manfaatkan jawab?

Jenis sumber daya alam yang sering kita manfaatkan ialah sumber daya biotik (makhluk hidup). Biasanya kita memanfaatkan sumber daya Biotik untuk makan, dibudidayakan, dan lain-lain. Kita juga memanfaatkan sumber daya abiotik (benda mati).

Bagaimana pengaruh sumber daya alam tersebut pada kehidupan masyarakat setempat?

Sumber daya alam mempengaruhi kehidupan masyarakat setempat karena mata pencaharian dan kegiatan ekonomi masyarakat sangat bergantung pada sumber data alam yang ada. Misalnya, wilayah pesisir pantai akan memiliki banyak penduduk yang bekerja sebagai nelayan karena banyak sumber daya alam berupa ikan laut.

Apa akibatnya jika kita tidak menyayangi lingkungan?

Jawaban. Akibatnya jika kita tidak menjaga lingkungan adalah rusaknya lingkungan. Rusaknya lingkungan menyebabakan berbagai macam bencana. Bencana yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, pemanasan global.

You might be interested:  FAQ: Jawaban Mengapa Anda Ingin Bekerja Sebagai Staff Administrasi?

Bagaimana manusia dan makhluk hidup lainnya memanfaatkan sumber daya alam?

Jawaban: Manusia dan makhluk hidup lainnya memanfaatkan sumber daya alam tersebut dengan menggunakan sesuai kebutuhan. Manusia memanfaatkan SDA untuk memenuhi kebutuhan seperti makan, pakaian, dan banguanan. Sumber daya alam tersebut tidak akan habis meski digunakan secara terus menerus.

Apakah pengertian sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui apa saja contohnya?

Contohnya: Cahaya matahari dan angin. Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang dapat habis atau punah jika digunakan berulang ulang karena sumber daya alam ini terbatas dan tidak bisa dikembangbiakkan atau diperbanyak. Contohnya: Minyak bumi dan Gas Alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *