Sering ditanyakan: Mengapa Bahasa Indonesia Dipilih Sebagai Bahasa Pemersatu?

Mengapa bahasa Indonesia dipilih?

Ternyata, bahasa Indonesia dipilih menjadi bahasa persatuan bukan tanpa alasan. Bahasa Indonesia merupakan bahasa Melayu yang sejak abad ke-18 sudah menjadi bahasa pergaulan di Indonesia (lingua franca). Karena dikenal luas dan mudah dipelajari, maka bahasa Melayu dipilih sebagai bahasa persatuan.

Mengapa bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa persatuan brainly?

Jawaban. Jawaban: 1. Karena bahasa Indonesia dianggap sebagai simbol penting dalam mempersatukan keanekaragaman suku bangsa, bentuk identitas nasionalisme bangsa, dan semangat menentukan nasib sendiri untuk melepaskan diri dari kolonialisme.

Mengapa bangsa Indonesia dipilih menjadi bahasa resmi bangsa indonesia?

Alasan mengapa bahasa varian melayu dipilih sebagai Bahasa Indonesia sekaligus Bahasa Persatuan, menurut Yamin, adalah karena bahasa melayu lebih menjanjikan sebagai bahasa persatuan atau bahasa pergaulan.

Mengapa bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi Indonesia dan bukan bahasa Melayu brainly?

Jawaban: Namun, bahasa melayu dipilih sebagai bahasa Indonesia karena bahasa ini sudah menjadi lingua franca atau bahasa pengantar di wilayah Indonesia dan Asia Tenggara sejak ribuan tahun lalu. Salah satu buktinya adalah catatan inskripsi di Sojomerto, Jawa Tengah yang menggunakan bahasa Melayu kuno.

Mengapa bahasa Melayu menjadi bahasa nasional bangsa Indonesia?

Dapat ditarik kesimpulan bahwa Bahasa Melayu diangkat menjadi bahasa Indonesia karena bahasa Melayu telah digunakan sebagai bahasa pergaulan (Lingua Franca) di Nusantara. Sistem bahasa Melayu sederhana, mudah dipelajari karena dalam bahasa Melayu tidak dikenal tingkatan bahasa ( bahasa kasar dan bahasa halus).

You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Kita Tidak Dapat Mendengarkan Suara Orang Yang Berbisik?

Mengapa bahasa Melayu menjadi asal dan dasar bahasa Indonesia?

Berikut ini beberapa alasan mengapa bahasa Melayu yang dijadikan dasar lagirnya bahasa Indonesia: Bahasa Melayu selama berabad-abad sebelumnya telah digunakan sebagai lingua franca ( bahasa perhubungan) di seluruh kawasan tanah air kita (Nusantara). Bahasa Melayu mempunyai sistem yang sederhana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *