Sering ditanyakan: Mengapa Bahasa Indonesia Disebut Bahasa Persatuan?

Mengapa bahasa Indonesia disebut sebagai bahasa persatuan brainly?

karena bahasa Indonesia digunakan untuk seluruh rakyat Indonesia dari sabang sampai merauke, karena Indonesia memiliki ratusan bahasa daerah, jadi bahasa Indonesia lah yang menjadi pemersatunya.

Apa yang dimaksud dengan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara?

Sebagai akibat dari ditetapkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia yang memiliki peran yang sangat menentukan sebagai alat komunikasi dalam peri kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Mengapa bahasa Indonesia disebut?

karena bahasa indonesia telah ditetapkan didalam sumpah pemuda sebagai bahasa persatuan.

Sejak kapan Bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa persatuan brainly?

Bahasa Indonesia (yang merupakan varian lain dari bahasa Melayu) dikukuhkan sebagai Bahasa Persatuan secara resmi pada Kongres Pemuda yang berlangsung 28 Oktober 1928.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan ragam bahasa?

Ragam Bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, kawan bicara, orang yang dibicarakan, serta menurut medium pembicara (Bachman, 1990).

Mengapa bangsa Indonesia disebut sebagai bangsa yang?

Majemuk berarti banyak dan beraneka ragam,alasanya adalah karena Indonesia terdiri dari banyak suku,agama etnis budaya ras yg menjadikan Indonesia DPT dikatakan sebagai bangsa yg kaya.

You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Bulan Memiliki Fase Fase Yang Berbeda?

Kapankah bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa persatuan Negara Indonesia *?

Nah, perjalanan panjang bahasa Melayu sebagai lingua franca membuktikan, bahasa ini bisa mempersatukan bangsa Indonesia yang majemuk. Bahasa Melayu kemudian dikukuhkan menjadi bahasa Indonesia dan sebagai bahasa pemersatu bangsa pada 28 Oktober 1928.

Kapan Bahasa Indonesia di lahirkan?

Sumpah Pemuda, Sejarah Lahirnya Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan JAKARTA, KOMPAS.com – Momentum penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan terjadi pada hari ini, 92 tahun yang lalu, yaitu 28 Oktober 1928, bersamaan dengan Sumpah Pemuda.

Mengapa bahasa Indonesia dipilih menjadi bahasa resmi Indonesia?

Dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, fungsi bahasa Indonesia adalah sebagai lambang kebanggaan kebangsaan, indentitas nasional, alat perhubungan antar warga, antar daerah dan antar budaya, serta alat pemersatu suku, budaya dan bahasa di Nusantara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *