Sering ditanyakan: Mengapa Indonesia Dikatakan Strategis?

Mengapa negara kita dikatakan strategis?

Dikatakan strategis karena lokasi Indonesia ibarat berada di persimpangan lalu lintas perjalanan internasional. Sebagai contoh perdagangan bangsa-bangsa Asia dan Australia, bahkan bangsa-bangsa lain di seluruh dunia akan selalu melewati wilayah Indonesia. Perdagangan tersebut melewati wilayah darat, laut, dan udara.

Apa yang membuat letak Indonesia strategis menjadi jalur perdagangan?

Indonesia kaya akan sumber daya laut. Daerah yang sangat strategis untuk perdagangan internasional. Karena terletak diantara negara berkembang, sehingga mudah untuk memasarkan hasil produksi. Berkembangnya sistem transportasi Indonesia karena mendapat pengaruh transportasi modern dari negara maju.

Mengapa wilayah Indonesia berada pada posisi silang yang sangat strategis?

Indonesia dikatakan terletak pada posisi silang (cross position) karena secara geografis Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudera, yakni benua Australia dan benua Asia serta berada di antara samudera Pasifik dan samudera Hindia.

Mengapa wilayah Indonesia dikatakan menjadi posisi yang strategis brainly?

Letak Indonesia dikatakan strategis karena Indonesia merupakan negara yang terletak di posisi silang yang berarti Indonesia berada di dalam jalur pelayaran dan perdagangan dunia yang sibuk, sehingga posisi ini dapat memberikan pengaruh yang baik dan dapat menunjang devisa Indonesia.

You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Kemasan Memiliki Peran Penting Dalam?

Negara Indonesia memiliki posisi yang strategis apa pengaruh posisi strategis bagi Indonesia?

Keuntungan letak geografis Indonesia adalah letak yang strategis sehingga menimbulkan pengaruh bagi Indonesia, secara ekonomi, sosial dan budaya. Karena wilayah Indonesia sangat strategis sehingga dilalui jalur perdagangan dan pelayaran dunia. Serta jalur perdagangan antara Asia ke Australia dan Selandia Baru.

Mengapa Berdasarkan letak geografisnya Indonesia terletak di posisi yang strategis dan menguntungkan?

Wilayah Indonesia terletak pada posisi yang strategis dan menguntungkan karena beberapa alasan sebagai berikut: Letak Indonesia di antara Benua Asia dan Benua Australia. Letak Indonesia di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Misalnya antara Jepang, Korea, dan RRC dengan negara-negara di Asia, Afrika, dan Eropa.

Apakah pengaruh dari letak strategis bangsa Indonesia?

Wilayah Strategis Wilayah Indonesia yang berada di antara dua benua dan dua samudera membuat Indonesia menjadi jalur perlintasan internasional, baik laut maupun udara. Hal ini tentunya akan memengaruhi perkembangan ekonomi pada zona ekonomi eksklusif Indonesia yang dilalui industri-industri besar.

Jelaskan letak Indonesia yang sangat strategis dan mengakibatkan jalur apa saja?

Seperti yang kita ketahui bahwa letak geografis Indonesia berada di antara 2 benua (Asia dan Australia) dan di antara 2 samudra (samudra Hindia dan Pasifik), hal ini membuat Indonesia mempunyai letak geografis yang sangat strategis karena letak Indonesia menjadi jalur perdagangan dan jalur pelayaran dunia.

Apa yang dimaksud dengan Indonesia berada pada posisi silang?

Wilayah Indonesia memang disebut berada pada posisi silang yakni letak yang berada persilangan dua benua dan dua samudera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *