Sering ditanyakan: Mengapa Kerajaan Majapahit Disebut Kerajaan Nasional?

Apa yang menyebabkan kerajaan Majapahit terkenal sebagai kerajaan terbesar di Nusantara?

Letak geografis Majapahit lah yang menjadi faktor utamanya. Wilayah kekuasaan Majapahit sangatlah besar bahkan hampir mencakup seluruh wilayah Indonesia. Saat itu, transportasi laut menjadi sarana utama aktivitas antar pulau, terutama perdagangan.

Mengapa Kerajaan Majapahit mendapat julukan kerajaan Nusantara ke 2?

Jawaban. Kerajaan Majapahit mendapat julukan Kerajaan Nusantara II. Pendapat saya adalah julukan tersebut TEPAT disematkan pada Majapahit karena di masa lalu memang ia adalah kerajaan yang menguasai hampir semua wilayah di NUSANTARA selain Kerajaan Sriwijaya.

Mengapa kerajaan Majapahit bisa disebut sebagai kerajaan agraris maritim?

kerajaan Majapahit disebut juga sebagai kerajaan agraris dan maritim karena Majapahit menggabungkan kekuatan di bidang ekonomi dari bercocok tanam padi ( agraris ) dan penguasaan perdagangan rempah-rempah ( maritim ).

Mengapa Para penggerak nasionalisme Indonesia selalu mengacu pada kerajaan Majapahit?

Penggerak nasionalisme indonesia selalu mengacu pada kerajaan majapahit dan sriwijaya untuk menggambarkan kejayaan masa lalu, yang dikarenakan pada masa itu bangsa Indonesia sudah memiliki kejayaan yang sudah gemilang di masa itu, yang dibuktikan dengan Kerajaan Majapahit pada puncak keemasan pada masa Hayam Wuruk, dan

You might be interested:  Jawaban Cepat: Mengapa E-learning Dibutuhkan Dalam Pembelajaran Saat Ini?

Faktor apa yang mendukung kerajaan Majapahit bisa maju dan berkembang dengan cepat?

Majapahit bisa berkembang dengan pesat dikarenakan berbagai faktor antara lain: Wilayah kerajaan Majapahit memiliki tanah yang subur. Memiliki lalu lintas perairan berupa Sungai Bengawan Solo dan Sungai Brantas. Pembuatan saluran saluran air untuk pertanian.

Siapakah nama panglima yang hebat dari kerajaan Majapahit?

1. Gajah Mada adalah seorang panglima perang dan tokoh yang sangat berpengaruh pada zaman kerajaan Majapahit. Saat remaja, ia merupakan seorang pemuda yang mempunyai keahlian bela diri yang sangat hebat serta berilmu tinggi. Pada usia 19 tahun, Gajah Mada berhasil menyelamatkan rajanya, Prabu Jayanegara.

Mengapa Kerajaan Kutai disebut kerajaan agraris?

Kerajaan ini dikenal sebagai kerajaan yang bersifat agraris karena pusat kerajaannya berada di pedalaman serta perekonomiannya mengandalkan pada hasil bumi.

Mengapa Kerajaan Majapahit disebut sebagai kerajaan maritim dan agraris?

Kerajaan Sriwijaya disebut kerajaan maritim karena; Sriwijaya adalah pusat perdagangan laut di Selat Malaka. Perairan ini jalur perdagangan laut penting antara India dan China.

Mengapa kerajaan Mataram disebut sebagai kerajaan maritim?

karena kerajaan mataram ini, mayoritas penduduk nya bekerja sebagai petani dan nelayan, serta memiliki wilayah perairan yang luas juga wilayah pertanian yang luas.

Mengapa sejarah masa lampau dapat menjadi faktor pendorong kebangkitan nasional di Indonesia?

karena Bangsa-bangsa Asia dan Afrika sudah pernah mengalami masa kejayaan sebelum masuk dan berkembangnya imperialisme dan kolonialisme barat. Kejayaan masa lampau mendorong semangat untuk melepaskan diri dari penjajahan.

Mengapa faktor faktor dari luar juga mempengaruhi munculnya nasionalisme di Indonesia?

Faktor eksternal munculnya rasa kebangsaan Indonesia, adalah: Adanya paham-paham modern dari Eropa, seperti liberalisme, humanisme, nasionalisme, dan komunisme. Munculnya paham aufklarung dan kosmopolitanisme. Terjadinya revolusi Perancis.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Mengapa Bernyanyi Harus Memperhatikan Panjang Dan Pendek Nada Dengan Benar?

Mengapa Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Majapahit disebut kerajaan nasional?

Baik itu Sriwijaya dan Majapahit disebut sebagai Kerajaan Nasional karena keduanya diketahui mampu menguasai hampir seluruh wilayah di nusantara di masa kejayaannya. Sementara Kerajaan Majapahit pada masa kejayaannya mampu menguasai Sumatera, Tumasik, Semenanjung Melayu, Kalimntan, Sulawesi Jawa dan lain lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *