Tanya pembaca: Mengapa Kapal Laut Bisa Mengapung?

Mengapa kapal bisa terapung padahal terbuat dari besi?

Ketika massa jenis benda lebih kecil daripada massa jenis air, maka benda akan terapung. Pada kenyataannya, batang besi tenggelam di air. Berarti, massa jenis besi lebih besar daripada massa jenis air. Jika kapal memang dapat mengapung di air, maka pastilah massa jenisnya lebih kecil daripada massa jenis air.

Apa yang membuat kapal bisa mengapung?

Lambung kapal bisa berbentuk balok ataupun cekung dengan isi kosong yang memberikan ruang udara untuk masuk membuat massa jenis kapal lebih ringan dari air sehingga kapal bisa mengapung.

Mengapa kapal dapat mengapung padahal menggunakan bahan besi dan diisi dengan banyak orang dan barang?

Benda akan terapung jika massa jenis benda itu lebih kecil dari massa jenis cairan. Benda akan melayang jika massa jenis benda dan cairannya sama. Hal ini menyebabkan massa jenis kapal laut menjadi lebih kecil dari massa jenis air. Oleh sebab itu kapal laut bisa mengapung di laut.

Mengapa kapal laut yang terbuat dari baja bisa terapung di atas laut?

Baja lebih rapat dari air, dan kapal dari baja adalah benda yang sangat berat. Mengapa kapal tersebut bisa mengapung? Jawabannya adalah bahwa kapal tersebut tidak seluruh bagiannya terbuat dari sekotak baja solid. Ada ruang terbuka yang diisi udara dan bahan lain di dalamnya.

You might be interested:  Pertanyaan: Mengapa Kita Harus Bisa Mengendalikan Emosi?

Mengapa kapal bisa mengapung Jelaskan menggunakan hukum fisika?

Hukum Archimedes sejatinya merupakan prinsip fisika sederhana. Yakni, setiap benda yang tercelup baik keseluruhan maupun sebagian ke dalam air, maka benda tersebut akan menerima dorongan gaya ke atas hingga membuatnya terapung. Maka, prinsip tersebut kerap juga disebut prinsip daya apung. Kapal laut.

Apa yang menyebabkan kapal laut tidak tenggelam?

Alasan kapal tidak tenggelam. Hal ini karena kapal yang besar memindahkan air yang jumlahnya sangat besar juga. Hal ini karena batu hanya memindahkan sedikit air. Batu tenggelam karena lebih berat dibandingkan jumlah air yang dipindahkan.

Mengapa kapal bisa mengapung brainly?

Jawaban: Kapal laut terbuat dari besi, tetapi terapung di air. Hal ini dapat terjadi karena volume udara di dalam lambung kapal yang besar dan massa jenis kapal keseluruhan lebih kecil dari air, menyebabkan adanya gaya angkat dari air yang lebih besar dari massa kapal dan membuat kapal terapung.

Mengapa kapal laut yang terbuat dari logam tidak tenggelam?

Massa jenis udara hanyalah 1,2 kg/m3, sangatsangat kecil dibandingkan dengan massa jenis besi dan air. Alhasil, pada akhirnya kapal akan tenggelam karena peran massa jenis udara telah hilang. Yang tinggal hanyalah dominansi massa jenis besi yang jauh lebih besar daripada massa jenis air, dan kapal itu pun karam.

Mengapa kapal selam maupun kapal laut lainnya yang terbuat dari baja tidak tenggelam Padahal massa jenis baja jauh lebih besar daripada massa jenis air laut?

Jawaban. karena semakin kecil massa benda (semakin ringan) dan semakin besar volume benda, semakin kecil massa jenisnya. adanya ruang dan rongga tersebut membuat massa jenis kapal laut menjadi lebih kecil dari massa jenis air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *