Tanya pembaca: Mengapa Seorang Akuntan Publik Wajib Menjaga Kerahasiaan Laporan Keuangan Para Klien?

Apakah yang dimaksud dengan kerahasiaan dalam kode etik akuntan?

Kerahasiaan. Mengingat akuntan adalah profesi yang berhubungan langsung dengan data keuangan, mereka juga harus mampu memegang prinsip kerahasiaan. Dalam artian, tidak boleh mengungkapkan informasi pada pihak mana pun, terlebih jika tanpa persetujuan atau tanpa wewenang secara spesifik.

Apa yang dimaksud dengan prinsip kerahasiaan?

Asas kerahasiaan adalah asas yang mengharuskan atau mewajibkan bank sebagai lembaga keuangan untuk merahasiakan segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan dan lain-lain dari nasabah yang menurut kelaziman dunia perbankan, wajib dirahasiakan.

Mengapa seorang akuntan publik?

Fungsi akuntan publik yang pertama adalah membantu menyajikan informasi keuangan. Baik keuangan perusahaan maupun yang terkait dengan data-data ekonomi di lembaga pemerintahan. Karena keuangan adalah hal penting di dalam sebuah organisasi, tentu pengelolaannya tidak boleh dipasrahkan kepada setiap orang.

You might be interested:  Pertanyaan: Mengapa Kita Harus Bisa Mengendalikan Emosi?

Mengapa seorang akuntan harus memiliki integritas?

Integritas yang tinggi dalam menjalankan profesinya harus dipegang tinggi oleh seorang akuntan agar bisa menjaga kepercayaan publik. Integritas itu mencakup bersikap jujur, berterus terang, tidak curang serta dapat menerima kesalahan yang tidak disengaja.

Apa saja kode etik akuntan?

Kode etik akuntan Indonesia memuat delapan prinsip etika sebagai berikut:

  • Tanggung Jawab Profesi.
  • Kepentingan Publik.
  • 3. Integritas.
  • 4. Objektivitas.
  • Kompetensi dan Kehati-hatian.
  • 6. Kerahasiaan.
  • 7. Standar Teknis.

Mengapa seorang akuntan harus memperhatikan etika dalam menjalankan profesinya?

Etika profesi dalam bidang akuntansi sangat perlu diperhatikan oleh setiap akuntan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini dilakukan untuk memenuhi tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang akuntan yang profesional.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan rahasia bank sanksi apakah yang akan?

Berdasarkan teori Mutlak, Rahasia Bank sifatnya mutlak. Artinya, semua keterangan mengenai nasabah dan keuangannya yang tercatat di bank wajib dirahasiakan tanpa pengecualian dan pembatasan. Kerahasiaan nasabah dan keuangannya tidak dapat dibuka atau diungkap dengan alasan dan oleh siapapun.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan rahasia bank?

Pengertian Rahasia Bank dapat kita temui dalam Pasal 1 angka 28 Undang–undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Atas Undang–undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan (UU Perbankan): “ Rahasia Bank adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan keterangan mengenai nasabah penyimpanan dan simpanannya.”

Jelaskan apa yang dimaksud dengan rahasia bank sanksi apakah yang akan dikenakan kepada bank yang membocorkan rahasia nasabahnya?

Anggota Dewan Komisaris, Direksi, pegawai bank atau Pihak Terafiliasi lainnya yang dengan sengaja memberikan keterangan yang wajib dirahasiakan menurut Pasal 40, diancam dengan pidana penjara sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun dan paling lama 4 (empat) tahun serta denda sekurang kurangnya Rp 4.000.000.000,00 (empat

You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Asap Rokok Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh?

Apa tugas seorang akuntan publik?

Akuntan Publik bertugas memeriksa laporan keuangan, memberikan konsultasi keuangan, penghitungan pajak, maupun jasa pembuatan laporan keuangan. Kalau Akuntan Pendidik sangat lekat dengan profesi dosen, banyak lakukan penelitian dan pengembangan bidang Akuntansi.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan profesi akuntan publik?

Akuntan publik adalah suatu profesi yang memberikan jasa sebagai profesional yang telah memiliki izin negara untuk melakukan praktik sebagai akuntan swasta yang bekerja secara independen. Tugas akuntan publik meliputi analisis laporan keuangan, audit laporan keuangan, audit pajak, dan sebagainya.

Mengapa akuntan publik merupakan profesi?

Profesi akuntan publik bertanggungjawab untuk menaikkan tingkat keandalan laporan keuangan perusahaan, sehingga masyarakat memperoleh informasi laporan keuangan yang andal sebagai dasar pengambilan keputusan.

Mengapa seorang akuntan perlu memiliki integritas dan tanggung jawab dalam melakukan tugas?

Karena seorang akuntan mempunyai tanggungjawab yang besar atas pekerjaannya, karena informasi yang dikelolanya digunakan akan menunjukkan keadaan perusahaan tersebut, dan informasi akuntansi itu digunakan oleh pihak intern maupun ekstern perusahaan yang mempunyai peranan penting sebagai alat untuk mengambil keputusan

Mengapa Akuntan dituntut untuk mengkhususkan keahliannya dalam bidang akuntansi?

Pesatnya pertumbuhan ekonomi serta makin kompleksnya masalah perusahaan yang didorong oleh kemajuan teknologi, dan bertambahnya peraturan pemerintah terhadap kegiatan perusahaan, para akuntan dituntut untuk mengkhususkan keahliannya dalam bidang akuntansi.

Mengapa seorang akuntan yang bekerja sebagai profesi akuntan harus dapat menjaga kerahasiaan dan?

Pasalnya, akuntan mengetahui informasi yang tentunya dirahasiakan oleh pihak internal diketahui oleh banyak orang. Akuntan harus memiliki prinsip kerahasiaan informasi yang ia dapat untuk menjaga hubungan profesional dan bisnis baik di dalam perusahaannya maupun di luar kantor dimana akuntan itu bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *